Agar Murid Percaya Diri, Hal Ini yang Disampaikan Kurrimah

Kurrimah, guru (kiri) dan Qurrotul 'Uyun, siswa (kanan) Delegasi dari MA 1 Annuqayah dalam Kompetisi Pidato English Prop lll 2018 
(Sumber : Maduraday.com/Reni Nor Aini.)

Maduraday.com, BANGKALAN – (16/11/18) Percaya Diri adalah tindakan yang mudah namun sulit dilakukan bagi sebagian orang. Terlebih saat kita tidak berani mencobanya. Rasa malu dan gugup seringkali menghampiri saat sudah berada didepan publik.

Kurrimah adalah salah satu guru di Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri, Pondok Pesantren Annuqayyah Guluk-Guluk Sumenep, Jawa Timur. Saat berjumpa di Aula Gedung Rektorat lantai 10 Universitas Trunojoyo Madura. Ia bersama 5 anak didiknya mengikuti ajang Kompetisi Pidato Bahasa Inggris tingkat siswa SMA/SMK sederajat, dalam English Prop lll 2018. 

Acara ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris, HAMLET, Universitas Trunojoyo Madura. Kegiatan dengan tema “Good Education Will Bring Bright Future” ini dihadiri oleh 4 perwakilan sekolah dari pulau Madura sendiri. Salah satunya MA 1 Annuqayah Putri, Sumenep. 

Qurratul ‘Uyun, salah satu peserta yang ikut kompetisi pidato mengambil tema Significant Role Of Young Generation For National Resurgence. Dia mengatakan bahwa siswa-siswa perwakilan dari sekolahnya hanya menempuh waktu belajarnya dalam seminggu. “Kebetulan kan maksimal 5 orang, ya kami membawa 5 perwakilan siswa. Kelas 11-nya saya sendiri, kelas 10-nya 2 orang, dan kelas 12-nya 2 orang.” Pungkasnya. 

Adapun kiat yang disampaikan Kurrimah adalah bahwa siswanya harus percaya diri dan menemukan titik fokus mereka. “Saya selalu bilang sama anak didik saya bahwa untuk menjadi seseorang yang PD (percaya diri), kalau kalian maju, kalian harus mencari satu titik dimana titik itu yang bisa membuat kalian termotivasi untuk bisa tampil dengan baik,” tutur wanita alumni Universitas Dr. Soetomo Program Studi Sastra Inggris tersebut. Dengan membayangkan sosok-sosok pendukungnya, misalnya sosok orang tua, ataupun pada saat sudah di depan panggung, tiba-tiba ada salah seorang yang menunjukkan suatu bentuk fokus perhatiannya kepada kita, itu dapat dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan penampilan yang terbaik. 

“Tadi ada anak saya yang mengatakan bahwa ada orang yang meremehkan saya karena saya kecil, saya bilang, tidak apa-apa. Kamu harus menunjukkan padanya bahwasanya saya tidak seperti itu,” sambungnya. 

Pengalaman Kurrimah selaku guru dan pendamping dari perwakilan siswa MA 1 Annuqayyah Puteri, pada saat kompetisi pidato Bahasa Inggris siang ini, selalu ditularkan dan dijadikannya bekal motivasi untuk membangun kepercayaan diri anak didiknya. Alhasil 2 anak didiknya berhasil membawa 2 kejuaraan sekaligus. Yakni Yasmin Fajriah (juara 1) dan Bisyaratul Walidah (juara 2). (RNA)

Posting Komentar

0 Komentar