Air Kolla Penyembuh Penyakit

Pengunjung sedang menimba air di Kolla Al-Asror 
(Sumber : Maduraday.com / Nor Aini Wahida)

Maduraday.com, BANGKALAN - (17/11/2018) Hampir setiap hari para pengunjung berbondong-bondong mengantri untuk mengambil air dalam kolla yang diberi nama Al-Asror. Kolla  adalah bahasa Madura yang berarti kolam air, dinamai Al-Asror Karena dulunya adalah tempat mandi K. Asror (Bujuk Lagundi) dan Syaikhona Mohammad Cholil. Sehingga kolla tersebut dinamakan Kolla Al-Asror. Kolla ini juga baru saja direnovasi oleh pengurus atau penjaga kolla pada tahun 2000 lalu.

Terletak dipesisir pantai, tepatnya di kampung Lagundi, Ujung Piring, Bangkalan. Kolla ini dikelilingi oleh air asin dari laut. Uniknya air dalam kolla tersebut terasa tawar. Karena keunikannya itu dan khasiat yang sudah banyak terbukti, tidak hanya pengunjung lokal yang datang kesana. Bahkan turis dari Malaisya, Brunei dan Timor Leste juga pernah menimba air di Kolla tersebut. “bukan hanya orang lokal, ada orang lumpuh dari Malaisya, pernah kesini mandi, dan alhamdulillah sembuh dengan perantara air kolla ini”. Ujar Abdul Jalil Hasan, selaku pengurus kolla Al-asror.
Menurut kepercayaan warga sekitar, sebelum mandi atau berwudhu dengan air kolla Al-Asror harus membaca do’a-do’a yang sudah tertulis di dinding kolla, dan mengirim do’a kepada K. Asror serta Syaikhona Cholil. “ya ada do’a-do’anya sebelum mandi atau wudhu Makai air kolla disini, minta tolong pada Allah agar sakitnya disembuhkan”. Kata Dian, salah satu pengunjung Kolla Al-asror. Ketika diwawancarai di area wisata pukul 12:55 WIB.

Pengunjung juga tidak diperkenankan masuk ke dalam kolla Al-Asror, karena penjaga kolla tidak memperbolehkannya. Jalil (sapaan akrab Abdul Jalil Hasan) selaku pengurus Kolla, diwasiati oleh ayahnya yang dulu juga penjaga kolla. Ayahnya mengatakan, kyai Asror dulu pernah meminta kolla tersebut dijaga dan dirawat, jangan sampai ada yang masuk atau nyebur ke dalam. Tapi, kalau ngambil air tidak masalah. Jalil mengatakan “ayah saya dulu dipesani oleh kyai Asror, Tolong jaga kolla ini, jangan sampai ada yang nyebur ke dalam, karena ini nanti untuk orang banyak”. Imbuhnya. (MN)

Posting Komentar

0 Komentar