Aura Mistis Selimuti Masjid Sumpah Pocong Madegan  

Tampak depan Masjid Maddegan. (Sumber : Maduraday.com/Ahmad Naf'an Jazuli)

Maduraday.com, SAMPANG - (15/11/2018) Masjid Madegan ialah masjid tertua yang berada di Kabupaten Sampang. Berlokasi di Desa Madegan, Kelurahan Polangan, Kabupaten Sampang, masjid ini berdiri sejak abad ke 15 sekitar 500 tahun yang lalu. Masjid yang terletak di kawasan pekaman Ratu Ebuh, berdiri di atas sumur besar, berbentuk seperti gua yang memiliki cerita mistis. Tempat ini digunakan sebagai tempat ritual sumpah pocong. Para warga yang ada disana masih percaya akan ritual sumpah pocong sebagai cara penyelesaian konflik antar para warga. 
Di dalam masjid Madegan terdapat empat tiang yang semuanya miring ke utara, pernah suatu waktu tiang-tiang tersebut ditegakkan namun posisinya kembali lagi seperti awal yaitu miring ke utara. Ada berbagai mitos dalam masjid yang beredar. “Empat tiang dalam Masjid Madegan memiliki fungsi tersendiri, jika merangkul salah satu tiang maka keinginan orang tersebut akan terwujud,” ujar Muzaki selaku juru penjaga Masjid Madegan dan Makam Ratu Ebuh.
Dalam ritual sumpah pocong ini dipimpin oleh seorang Kiai, kedua orang yang akan melakukan sumpah pocong ini akan dibungkus dengan kain kafan, diikat dan dihadapkan ke kiblat. Setelah itu keduanya melakukan sumpah, yang berbohong seketika itu akan segera meninggal. Banyak pengakuan dari masyarakat sekitar, arwah yang meninggal dalam sumpah pocong sering menampakkan diri di dalam masjid Madegan. Saat ini masjid Madegan diperluas namun masih tetap mempertahankan bangunan yang lama. (dbas)


Posting Komentar

0 Komentar