Festival Paseser Ambunten: Sebuah Sindiran Betapa Pentingnya Menjaga Kebersihan

Kemerihan festival paseser ambunten
Sumber : E.K Salsabilla

Maduraday.com, SUMENEP - (11/10/18) Kebersihan sebagian dari iman, sebuah ungkapan yang sering kita dengar bukan? Hal ini tak menampik bahwasannya kita sebagai manusia memang harus menjaga kebersihan lingkungan. Jika menyinggung masalah kebersihan, ada salah satu pantai di daerah Ambunten, Sumenep, Jawa Timur yang terkenal karena banyak sekali sampah berserakan di tepinya. Mengingat hal tersebut, ada sebuah teater asal Sumenep yang bernama Esto Theatre yang mengadakan sebuah festival yang bertajuk Fespa, Festival Paseser Ambunten. Festival ini diadakan pada tanggal 9-10 November 2018 kemarin yang diselenggarakan di tepi pantai Ambunten. Festival ini dihadiri oleh para 19 pengisi acara dari beberapa daerah di Indonesia dan tentunya para warga Ambunten sangat antusias dan menyaksikan festival ini.
“Jadi Festival Paseser Ambunten ini tujuan utamanya adalah ingin mengurangi sampah – sampah yang ada di pantai ini, maksudnya itu lebih seperti meningkatkan kesadaran masyarakat Ambunten sendiri akan pentingnya kebersihan lingkungan”, ujar direktur Estho Theatre, Soul Esto. Festival ini telah terlaksana sejak tahun 2017 dan berkeinginan untuk diadakan setiap tahun, “Dari kami (panitia) berkeinginan melaksanakannya setiap tahun”, tambahnya.
Festival Paseser Ambunten ini tidak hanya mengingatkan kepada masyarakat sekitar untuk pentingnya menjaga kebersihan sekitar tapi juga memperkenalkan ciri khas dari Ambunten sendiri yang dari segi ekonomi mereka mempunyai usaha pangan berbahan dasar ikan seperti pentol ikan, krupuk ikan dan lainnya. (BL)

Posting Komentar

0 Komentar