Ghumbek Dalam Parade Teater Nanggala

Penampilan teater kala dari Probolinggo dalam acara teater Nanggala. (Sumber :Maduraday.com/Distyra Elliktrica Sari)


Maduraday.com, BANGKALAN – (13/11/2018) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Nanggala Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan acara PANDAWA (Pagelaran Budaya Warisan). Dalam acara yang bertempat di Gedung Student Center (GSC) banyak kegiatan yang ditampilkan oleh beberapa peserta. Paling menarik yang banyak menyita perhatian para penonton ialah parada teater yang ditampilkan oleh Universitas Nurul Jadid Probolinggo  yang tergabung dalam UKM Kala, mereka sudah berdiri kurang lebih 10 tahun dan mereka sudah mengikuti kegiatan lomba dimana saja seperti di daerah Gresik,Malang dll. Selain itu Kala sudah meraih prestasi yang yang banyak pula. Dalam parade kali ini yang diadakan Nanggala, Kala menampilkan parade teater Ghumbek.
Ghumbek yang berarti penyucian benda pusaka di daerah Sampang. Uniknya dari tradisi ini  adalah penyuciannya tidak menggunakan air namun benda pusaka tersebut dibawa keliling desa. Pada zaman dahulu, Bhujuk Rama adalah sesepuh sekaligus pencetus muter (keliling) membawa benda pusaka pada waktu itu. Ketika masuk masa “Paceklik” jadi banyak warga desa yang kelaparan dan berpenyakit. Sehingga pada waktu itu Bhujuk Rama berkeliling sambil menaburkan jagung. Tradisi ini masih langka belum tentu di daerah sampang melakukan tradisi Ghumbek, karena asal mula tradisini ini belum ditemukan di kitab-kitab terdahulu dan hingga sampai saat ini jarang dilakukan bahkan dari masyarakat daerah Sampang sendiri.
 “Mengangkat tema tentang tradisi  Ghumbek karena ingin mengangkat kembali tradisi yang telah punah. Masyarakat Madura sendiri tidak banyak yang mengetahui tradisi ini, bahkan masyarakat Sampang sendiri mungkin tidak sampai sebagian yang mengetahui tentang tradisi ini. Harapan saya dengan tampilan teater ini khususnya mahasiswa UTM sendiri bisa melestarikan tradisi yang telah punah ini”, ujar Baidawi selaku Sutradara Teater Kala.(DES)

Posting Komentar

0 Komentar