Heboh ! Jepang ada Bunga Sakura, Indonesia tak Kalah Keren ada Bunga Tabebuya

Bunga Tabebuya yang Bermekaran di Jalan Sudirman Purwokerto
(Sumber : Instagram/@sofi_setyowati)

Maduraday.com, PURWOKERTO - (13/11/2018) Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sedang heboh dengan berbunganya pohon Tabebuya secara serentak. Pohon Tabebuya yang ditanam pada masa bupati sebelumnya, yaitu Marjoko, menjadi viral karena berbunga serentak dan menghiasi beberapa ruas jalan di Kota Purwokerto.
Bunga pohon Tabebuya berwarna kuning dan mirip bunga sakura. Bunga yang mekar serentak menutup dahan dan daunnya. Seperti di Jalan Jenderal Sudirman pohon yang terlihat hanya berwarna kuning karena dihiasi Bunga Tabebuya.
Menurut Bupati Banyumas Ahmad Husein mengatakan, pohon Tabebuya yang ditanam Bupati Marjoko bisa menjadi kebanggaan warga Kabupaten Banyumas. Rencananya, beberapa pinggir jalan di wilayah Kabupaten Banyumas, juga akan ditanami pohon asal Brasil ini untuk menambah keindahan sekaligus sebagai peneduh.
“Jadi ini adalah peninggalan dari Bupati yang lama yaitu Bupati Marjoko dan saat itu saya masih menjadi wakilnya. Saya juga pernah kirim foto bunga ini ke Pak Marjoko.. Rencananya kita akan kembangkan tanaman ini sampai ke desa-desa untuk peneduh dan keindahan,” ujar Ahmad Husein, Sabtu (13/11/2018).
Pohon Tabebuya ini sudah ditanam sekitar tahun 2010 lalu, namun baru kali ini Pohon Tabebuya berbunga secara serentak di sepanjang jalan kurang lebih 2 kilometer di kiri kanan jalan. Masyarakat setempat saat ini sedang senang menikmati keindahan kembang Tabebuya yang mempunyai nama latin chrysotricha.
“Waktu menanam, Pak Marjoko pernah bilang kalau jika pohon ini berbunga bunganya sangat  bagus karena Pak Marjoko pernah lihat di luar negeri. Dan saya sendiri baru tahu kalau bunganya bagus. Saya sangat berterima kasih dan ini merupakan jasa Pak Marjoko,” tambah Husein.
Pohon tabebuya ini bunganya menguning hampir menutupi toko-toko yang berada di depannya. Warga sekitar mengaku senang adanya pohon tabebuya ini dan memanfaatkannya untuk berfoto-foto.
“Saya sengaja datang kesini agar bisa berfoto-foto. Soalnya  baru ini berbunga serentak dan nampak indah sekali seperti di Jepang,” ujar Titin Mariyananingsih, warga Purwokerto. (AMM)

Posting Komentar

0 Komentar