Hore! Berbalik Arah Rupiah Menguat ke Dolar AS

Ilustrasi Nilai Rupiah kian naik di pasar Internasional 
(Sumber: Market.bisnis.com)

Maduraday.com, JAKARTA – (16/11/18) Dilansir dari CNBC Indonesia, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp 14.805  per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pasar spot pagi ini, Jumat (16/11). Rupiah menguat 0,54% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. 
Sementara kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di posisi Rp14.895 per dolar AS. Di kawasan Asia, selain mata uang Indonesia yang menguat dari Dolar AS adapun mata uang negara lain yang menguat seperti India, Thailand, Filipina, China, Korea Selatan, Hong Kong, dan Singapura.
Analisis Monex Investindo Dini Nurhadi Yasyi mengatakan penguatan rupiah hari ini hanya bersifat sementara karena hanya memanfaatkan koreksi indeks dolar AS. Koreksi Dolar AS sendiri dipengaruhi oleh koreksi minyak mentah dunia dan bursa saham global.
Tapi sentimen Risk Aversion masih membayangi rupiah, karena masih ada prospek Dolar AS untuk menguat lagi. Jadi, penguatan rupiah bisa dibilang hanya memanfaatkan koreksi saja. Upaya pemerintah untuk kembali menarik aliran modal asing ditengah volatilitas yang terjadi di sejumlah negara berkembang memberikan dorongan pada rupiah. (DDC)

Posting Komentar

0 Komentar