Mahasiswa Fakultas Hukum UTM Adakan Lomba Sidang Perkara Tindak Pidana



Peserta Lomba TMCC kelompok C3 sedang melakukan sidang (Sumber : Maduraday.com/ Deriska Ayu)

Maduraday, BANGKALAN – (24/11/18) Mahasiswa KOMPAS (Komunitas Mahasiswa Peradilan Semu) Fakultas Hukum, Universitas Trunojoyo Madura mengadakan lomba peradilan semu yang biasa disebut TMCC (Trunojoyo Moot Court Competition) di Pengadilan Negeri Bangkalan, Madura. 
Sebanyak 240 mahasiswa Fakultas Hukum berbondong – bondong menuju Kantor Pengadilan Negeri Bangkalan sebagai peserta lomba TMCC pada Sabtu (24/11/2018) tepat pukul 08:00 - 16:00 WIB. Tak hanya mahasiswa UTM saja melainkan beberapa mahasiswa Universitas lain ikut serta memeriahkan lomba tersebut seperti dari Universitas Muhammadiyah Malang. 
Tema yang diangkat yakni “Melawan Narkoba Dengan Moralitas, Intelektualitas, Dan Kredibilitas Hukum” cukup menarik, pasalnya kasus narkoba sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bagi kita semua. Banyak kaum muda yang sudah terjerat dan bahkan sudah menjadi korban dari narkoba ini. 
Acara ini dilaksanakan tak hanya melaksanakan proker (program kerja) tahunan saja, namun dengan adanya acara ini juga sebagai bentuk upaya pencegahan tindak pidana penyalahgunaan narkoba itu sendiri. Juri pada lomba tersebut ada 4 orang, terdiri dari dosen yang biasa disebut akademisi, kemudian dari Hakim Pengadilan Negeri Bangkalan, adapun dari LBH (Lembaga  Bantuan Hukum). 
Kendala hanya terletak pada pendanaan, karena dana yang digunakan cukup membengkak, namun bisa diatasi dengan mendapat bantuan dari pihak sponsor dan pihak kampus. “Alhamdulillah, kendala hanya di dana karena mengalami pembengkakan, tapi juga bersyukur teman – teman panitia mampu bekerja sama dengan sangat baik sehingga bisa terlaksana acara ini.” Ujar Zainuddin sebagai ketua pelaksana TMCC.
Harapan besar yang diungkapkan oleh Zain selain agar mampu memberikan manfaat dengan adanya acara ini, harapannya agar Kompas mampu mengadakan acara tersebut tak hanya di lingkup UTM saja namun di kancah Nasional juga. Senantiasa kompak dan solid lebih jaya dan lebih makmur. (DR)

Posting Komentar

1 Komentar