Membangun Gedung Andhap Asor, Wisata Keraton Tersempurnakan

Wisatawan menikmati potret sejarah dan peninggalan keraton. (Sumber : Maduraday.com/Ruli Aprilia)

Maduraday.com, SUMENEP - (12/11/18) Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten yang sangat kental dengan kebudayanya. Sampai saat ini, Keraton Sumenep masih menyimpan begitu banyak benda-benda peninggalan zaman kerajaan, baik di Museum maupun singgasana keraton itu sendiri. Apresiasi ini tidak hanya sekedar pelestarian saja, melainkan Pemerintah Kabupaten Sumenep membangun sebuah gedung yang bernama "Gedung Andhap Asor."
Gedung Adhap Asor sendiri diresmikan oleh Bupati Sumenep yaitu Dr. KH. A. Busyro Karim M.si, pada hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke-749, (31/10/18) kemarin. Gedung Adhap Asor disediakan sebagai gedung kesenian fotografi, yang menampilkan beberapa potret sejarah dan peninggalan keraton.   
"Gedung Adhap Asor memang bangunan baru di keraton Sumenep ini, letaknya memang dibangun di bagian samping Taman Sare. Sehingga akan menambah rute perjalanan wisatawan di dalam keraton," ujar KH. Efendi selaku ketua pengelola museum keraton.
Pihaknya juga menambahkan bahwa adanya gedung ini diharapkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke keraton Sumenep. “Untuk isi ruangannya sendiri menyajikan foto-foto seputar tempat-tempat di Sumenep dari zaman dahulu yang sampai saat ini masih eksis, juga terdapat caption dari setiap foto dalam bentuk asal-muasal atau pun narasi kebudayaan", jelasnya.
Gedung Adhap Asor sendiri memiliki ciri bangunan yang sudah modern dengan cat warna putih. Terdapat ukiran di samping pintu yang terbuat dari kayu dengan warna coklat. Didalamnya terdapat cerita dalam bentuk foto seperti awal kedatangan leluhur, asal-mula kota Sumenep, silsilah para Adipati dan Bupati Sumenep, budaya dan tradisi masyarakat Sumenep. 
"Ini baru, karena tahun lalu saya kesini belum ada bangunan ini, tapi memang pemandangan dan keaslian keraton cukup memuaskan apalagi di tambah bangunan baru yang arsitekturnya sangat berkelas, dan ditunjang oleh isi gedung yang sangat bagus, dalam segi menambah ilmu pengetahua," aujar Abdul, salah satu pengunjung dari kota Jember. (DDC)

Posting Komentar

0 Komentar