Pemungutan Suara Ulang di Sampang, Begini Tanggapan Ketua Komisioner KPU

Komisioner KPU Sampang yang sedang mengutarakan pendapatnya tentang PSU. (Sumber : Maduraday.com/Deni Eka)


Maduraday.com, SAMPANG – (11/11/2018) Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Sampang diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober 2018, dalam rangka memenuhi keputusan Mahkamah Konstitusi yang sudah diatur dalam ketentuan perundang-undangan hukumnya wajib.
Pelaksanaan PSU dilaksanakan selama 60 hari sejak dibacakan keputusan Mahkamah Konstitusi dengan syarat telah memperbaiki daftar pemilih tetap. Untuk tempatnya sendiri dilaksanakan di seluruh TPS yang ada dikabupaten Sampang, kira-kira ada sekitar 1450 TPS.
“Kita menganggap bahwa PSU menjadi koreksi sebagi penyelenggara agar kemudian dalam menyelenggarakan pemilihan suara benar-benar menyesuaikan dengan prinsip norma, teknis, prosedur dalam tahapan proses penyelenggaraan untuk memenuhi ketentuan perundang undangan termasuk PKPU,” ujar Addy Imansyah, SH sebagai Divisi Perencanaan dan Data KPU Sampang.
Acara tersebut berlangsung dengan lancar dan tertib, meskipun jumlah suara pemilih berkurang karena dilaksanakannya PSU pada hari-hari biasa. Hasil perhitungan perolehan suara tim paslon nomer urut 1 memperoleh 307.126 suara atau sekitar 53 persen , paslon nomer urut 2 memperoleh 245.768 suara atau sekitar 43 persen, dan paslon nomer urut 3 memperoleh 24.746 suara atau sekitar 4 persen, dari jumlah kehadiran 577.640 pemilih atau sekitar 76 persen kehadiran dalam PSU.
Hasil perhitungan sendiri masih dalam proses pengumpulan data oleh pihak KPU, masyarakat hanya mengetahui hasil dalam setiap TPS dikecamatan setempat. (D&A)

Posting Komentar

0 Komentar