Peringati Hari Pahlawan! Boomers Kebebasan Adakan Festival Musik dan Batik Se-Madura

Penampilan salah satu peserta dalam festival musik di acara kisah Madura untuk negeri. (Sumber : Maduraday.com/Mohammad Nu'man)

Maduraday.com, SUMENEP - (11/11/18) Perayaan Hari Pahlawan yang di adakan oleh Komunitas Boomers Kebebasan bernuasa berbeda sekali dengan perayaan Hari Pahlawan pada umumnya. Mereka begitu kreatif dalam mengemas acara tersebut, bukan hanya tentang mengingat jasa pahlawan mereka bahkan menampilkan kebudayaan lokal yang sekarang ini mulai tergerus oleh perkembangan zaman. 
Acara tersebut diadakan di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Sumenep pada tanggal (11/11/18), tepat sehari setelah peringatan Hari Pahlawan. Mereka menggelar acara tersebut dengan dasar generasi muda Madura pada saat ini kurang mencintai budayanya sendiri. Nah, bertepatan dengan hari pahlawan maka komunitas ini menyelenggarakan sebuah acara yang memuat unsur budaya pada festival musik, dimana pada festival musik tersebut lagu-lagu yang dimainkan tidak hanya lagu populer melainkan lagu daerah Madura, serta item pada festival batik yang menggunakan kain batik madura. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan berbagai game menarik hingga pukul 16.00 WIB kemudian dilanjutkan pada malam puncak perayaan pada pukul 19.30 WIB yakni dengan menampilkan band lokal yang merupakan anggota dari komunitas itu sendiri. Sedangkan pada acara fashion show tersebut didatangi oleh tokoh-tokoh terkemuka seperti Miss Art Indonesia, Putri Jawa Timur 2011 dan masih banyak yang lainnya. 
"Acaranya seru, bisa membangkitkan jiwa Nasionalisme serta pengetahuan akan budaya lokal Madura. Saya yang bukan orang Madura kagum akan seni batik Madura yang dikenakan pada saat fashion show" ujar Ferli salah satu peserta dari Surabaya. Rasa nasionalisme pemuda zaman sekarang semakin terkikis, ia berharap dengan adanya acara ini rasa nasionalisme pemuda zaman sekarang lebih tinggi dari para pahlawan pembela bangsa pada zaman peperangan, ungkap Wibowo Sudawa Wongso selaku ketua pelaksana. "Pemuda zaman sekarang semakin banyak yang terlena oleh narkoba, saya berharap semoga dengan adanya peringatan hari pahlawan ini para pemuda tetap menjaga rasa nasionalisme dihati mereka tanpa adanya keterjangkitan narkoba pada diri mereka" tambahnya ketika acara hampir selesai. (NA) 


Posting Komentar

0 Komentar