Sangcek dalam Acara Anniversary Nanggala

Penampilan teater Sangcek dalam acara teater Nanggala
(Sumber : Maduraday.com/Deni Eka Prastya.)

Maduraday.com, BANGKALAN – (14/11/2018) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Nanggala Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan acara Pagelaran Budaya Warisan (PANDAWA). Acara ini diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun UKM nanggala yang ke 17 dan acara ini bertempat di depan Gedung Student Center (GSC), Universitas Trunojoyo Madura. 
Nanggala selaku panitia dalam acara tersebut banyak mendatangkan UKM dari perguruan tinggi lainya yang berkecimpung di dunia seni teater untuk berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh Nanggala. Dari sekian banyak peserta yang berpartisipasi di acara tersebut salah satunya ialah “Teater Sangcek” dari Universitas Muhammadiyah Gresik menampilkan sebuah parade teater yang berjudul “Perempuan Harum Kamboja”.
Kisah Teater Sangcek menceritakan tentang tidak ada keadilan dalam kehidupannya di masyarakat. Keegoisan orang kota ingin menguasai tanah milik suaminya akhirnya sampai berbuat nekat, karena fitnah semata suaminya pun akhirnya jadi korban.Tekat orang kota tidak berujung hanya pada kematian suaminya, tetapi berlanjut dengan sasaran selanjutnya yaitu istri nya. Ia dituduh hamil sedangkan dia posisinya dalam keadaan sebatang kara. Karena kebingungan akhirnya dia nekat meminta keadilan dengan membawa sepenggal kepala suaminya, dia bertekat keras membuktikan bahwa keluarga dan suaminya benar-benar tidak bersalah. Akhirnya istrinya juga ikut di bunuh agar kasus tersebut tetap dengan berita yang sama dan tidak terbongkar. 
“Kami mengangkat tema tentang ini karena terinspirasi dari kami tidak tega melihat masyarakat terutama di kulon progo yang lahannya di rampas dan dialih fungsikan sebagai bandara. Padahal lahan tersebut merupakan lahan yang produktif,”  ujar Miftakul Safri selaku Sutradara.
“Saya senang sekali bisa melihat seni teater yang bagus ini dan saya harap acara seperti ini bisa terus ada dan bahkan bisa lebih spektakuler,” ucap Deni yang menonton acara teater yang diselengarakan oleh Nanggala. Acara yang berlangsung dari pukul 19.00-22.00 berlangsung meriah dengan hambatan apapun. (AP)

Posting Komentar

0 Komentar