Sensasi Rujak Pentol, Bikin Ngiler



Sepiring rujak pentol spesial
(Sumber : Maduraday.com/Shafri Alfarizi) 




Maduraday.com, Sampang – Para pecinta kuliner berbasis pentol khususnya di kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur kini semakin banyak mendapatkan pilihan jenis maupun rasa. Karena kini telah hadir kuliner unik berbasis pentol yang ada di kabupaten Sampang yakni Rujak Pentol.
Rujak pentol merupakan rujak buah seperti biasanya namun bumbunya terbuat dari petis ikan/udang di campur lombok, garam dan gula secukupnya serta bahan rempah-rempah yang lain. Sedangkan buah yang menjadi bahan dasar rujak yakni mangga muda, pepaya, nanas, bengkoang, timun muda (bhlungkak dalam bahasa Madura) dan keripik singkong.
Dari aneka campuran bahan rujak buah tersebut, di tambah lagi dengan pentol bakso dan tahu tepung hingga menjadi Rujak pentol. Cita rasa Rujak pentol yang ada di jalan Mutiara, kelurahan Banyuanyar, dengan selera para anak muda khususnya yang ada di kabupaten Sampang hingga setiap hari para penjual Rujak pentol selalu ramai dengan pengunjung maupun pembeli.
Menurut H.Daiman tokoh muda pengusaha petis di jalan Mutiara, Sabtu 17/11 Rujak pentol itu merupakan modifikasi dari Rujak rok erok, rujak yang serupa sebelum di campur pentol dan tahu tepung.
Ia mengaku mengapresiasi kreatifitas dan kemampuan menangkap peluang usaha dari para penjual rujak tersebut sehingga semakin mendekatkan image bahwa jalan Mutiara, kelurahan Banyuanyar merupakan kampung Sentra Home industri. Sebab selain Rujak, banyak usaha rumahan yang lain seperti camilan, petis, kue kering dan usaha rumahan yang lain. 
Cita rasa Rujak pentol yang ada di jalan Mutiara, Sampang di nikmati oleh Aini (16 th) pelajar asal kecamatan Kedundung, “Ia mengaku setiap akhir pekan bersama temannya mampir di tempat penjual Rujak pentol jalan Mutiara, kelurahan Banyuanyar, Sampang tersebut,” ujarnya. (NM)

Posting Komentar

0 Komentar