Sumur Daksan Peninggalan Belanda yang Berusia 1400 Tahun

Bentuk Sumur Daksan tampak dari atas. (Sumber: Maduraday.com/Zandan Chanana)


Maduraday.com, SAMPANG - (10/11/2018). Selain terkenal dengan wisata pantainya, kabupaten sampang ini ternyata juga ada situs bersejarah yang menyimpan peninggalan dari masa lampau, salah satunya yaitu sumur daksan ini. sumur daksan adalah salah satu situs bersejarah yang tepatnya terletak di Jl. Syuhadak Gang I No. 4 Kelurahan Dalpenang Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang Madura.
Berdasarkan pernyataan sejarahwan asal sampang bapak Jamal, sumur daksan ini merupakan sebuah tempat bertapa dari pangeran Trunojoyo pada masa penjajahan belanda yang mungkin usianya lebih dari 1400 tahun. Di dalam sumur tua tersebut juga ditemukan huruf pallawa serta lukisan dinding yang menggambarkan dua kuda dan raksasa atau buto (bahasa jawa), hanya saja penjajah belanda yang tahu tentang dokumen huruf pallawa tersebut. “Kalau lukisan ini dicongkel dan dijual, ini harganya mncapai milyaran," ucap Jamal
Sumur daksan ini sendiri juga di percayai oleh beberapa orang mistis bisa menolak balak, menolak santet, dan keinginannya bisa terkabulkan, sehingga sumur daksan ini masih juga di gunakan sebagai tempat bersemedi bagi orang yang mempercayainya. (AN)

Posting Komentar

0 Komentar