Sumur Daksan, Situs Antik Temuan Orang Belanda di Madura

Gambar Sumur Daksan yang berada satu lingkup dengan Yayasan Sumur Daksan di daerah Sampang (Sumber foto : Maduraday.com/Achmat Dicky)

Maduraday.com, SAMPANG – Madura merupakan salah satu daerah yang kaya akan budaya dan ciri khas bangunannya, tentu ciri khas tersebut tidak terbentuk dengan sendirinya melainkan ada kisah dan sejarah dari setiap proses pembentukannya. Satu diantaranya yaitu Sumur Daksan, situs antik temuan orang-orang belanda yang terletak di kelurahan Dalpenang, Sampang.
Keunikan dari sumur yang memiliki kedalaman kurang lebih 4 meter tersebut yaitu di dalamnya ditemukan  relief  huruf palawa yang berupa gambar-gambar yang setelah di teliti usia gambar tersebut kurang lebih sudah ada sekitar 1400 tahun yang lalu, dari sebab itulah sumur tersebut dicatat sebagai sumur tertua di Madura.  
”Sumur ini masih sering digunakan oleh orang-orang yang masih percaya mistis seperti untuk menolak bala, santet ataupun untuk proses penyembuhan  dengan meminum airnya. Sebab dengar dari cerita sesepuh  di daerah tersebut terdapat kerajaan kecil yang pusatnya di daerah sumur daksan, Mas.” Jelas pak Jamal, pemelihara sekaligus juru kunci tempat tersebut pada Sabtu, (10/11) kemarin.
Walaupun kental akan kisah mistisnya, sumur tersebut termasuk dalam salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Sampang. Meski begitu situs ini sempat tenggelam karena kurang perawatan dan sebagian besar masyarakat tidak tahu sejarah sumur tersebut. Padahal terlepas dari maksud atau tujuan para pengunjung datang ke tempat tersebut, faktanya Sumur tersebut memiliki daya tarik yang mampu memikat pengunjung baik dilihat dari sisi keunikan bentuk maupu isinya. Tempat tersebut  juga mudah dijangkau karena lokasinya yang berada dalam satu lingkup dengan Yayasan Sumur Daksan yang terdiri dari TK dan PAUD  Sumur Daksan. (SB) 

Posting Komentar

0 Komentar