Talkshow Ma-Emot, Pentingnya Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Setempat dalam Menggali Potensi Wisata Bangkalan Berbasis Budaya

Narasumber memberikan materi pada talkshow Ma-Emot Bangkalan
Sumber : Mohammad Rifat Anwar

Maduraday.com, BANGKALAN – (11/11/2018) Forum Mahasiwa Bangkalan (FORMABA), menyelenggarakan Talkshow Ma-Emot Bangkalan dengan tema “Menggali Potensi Wisata Bangkalan Berbasis Budaya”.
Seminar ini berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Bangkalan yang dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Talkshow ini dihadiri oleh 100 peserta dan mendatangkan tiga narasumber hebat, yang pertama Drs. Didik Wahyudi yaitu seorang Kasi Cagar Budaya & Kepurbakalaan, yang kedua yaitu M. Helmy Prasetya yaitu Pimpinan Komunitas Masyarakat Lumpur dan yang terakhir yaitu Nindi Ardita Sari selaku Jebbing Wakil 1 Bangkalan dan selaku Moderator Miftahul Achyar, S.Psi.
Ketua pelaksana, Yanuar Dewi Pangesti, mengatakan bahwa dari pihak panitia sudah mempersiapkan sangat matang acara talkshow ini. Dia juga menambahkan bahwa banyak sekali kendala, tantangan, dan hambatan yang dihadapi. Namun berkat rasa percaya, semangat dan kerjasama yang baik akhirnya acara tersebut berjalan dengan lancar.
“Kami selaku panitia ingin membuktikan bahwa Forum Mahasiswa Bangkalan mampu melakukan kegiatan ini dengan sebaik mungkin” ujarnya.
Acara talkshow membahas tentang kesadaran masyarakat Bangkalan terhadap pariwisata berbasis budaya yang ada di Bangkalan. Kurang maksimalnya cara pengelolaannya di bidang pariwisata ini menjadi alasan Formaba mengangkat tema ini. Tujuan pembahasan adalah memberikan kesadaran terhadap masyarakat Bangkalan agar bisa memaksimalkan pariwisata berbasis budaya ini dan adanya dukungan dari pemerintah daerah setempat. Banyak potensi pariwisata berbasis budaya yang ada di Bangkalan. Namun, kurangnya pengelolaan dan eksplorasi menjadikan bidang pariwisata ini sedikit terhambat. Promosi juga menjadi bagian penting dalam hal perkembangan pariwisata. Partisipasi dan rasa peduli generasi muda juga menjadi bagian penting bagi perkembangan pariwisata berbasis budaya ini. Dengan adanya talkshow ini diharapkan masyarakat Bangkalan bisa berpartisipasi untuk mengembangkan bidang pariwisata berbasis budaya dan pemerintah bisa memberikan dukungannya terutama dana agar segala aktivitas masyarakat Bangkalan dalam mengembangkan di sektor pariwisata ini menjadi lebih maksimal. (MRA)

Posting Komentar

0 Komentar