Taman Makam Pahlawan Panglegur, Tempat Bersejarah yang Mulai Dilupakan

Taman makam Pahlawan Panglegur yang terlihat sepi pengunjung. (Sumber : Maduraday.com/A.Mahfud M.)


Maduraday.com, PAMEKASAN - (14/11/18). Taman Makam Pahlawan Panglegur terletak di Jl. Raya Panglegur, Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Menjadi salah satu tempat yang memiliki nilai sejarah di Pamekasan tentunya dapat menarik minat pengunjung untuk datang. Tetapi pemandangan berbeda terlihat di Taman Makam Pahlawan Panglegur ini.
Semakin tahun pengunjung di Taman Makam Pahlawan Panglegur semakin sedikit, bahkan ada sampai seminggu tidak ada satu pengunjung pun yang datang.
“Dulu tempat ini rame mbak, banyak yang datang untuk sekedar berfoto ataupun untuk melihat makam para pahlawan. Tetapi sekarang pengunjung semakin sepi dari tahun ke tahun, pernah bahkan seminggu tidak ada pengunjung pun yang datang, mungkin karena nasionalisme orang jaman sekarang semakin hilang,” ungkap Marwah, salah satu warga depan komples makam pahlawan.
Padahal tatanan makam pahlawan ini sangat rapi, bersih, dan terletak di pusat kota Pamekasan, tetapi entah apa yang membuat warga sekitar tidak tertarik untuk datang berkunjung.
“Saya hanya berharap mbak, meskipun tatanan dari kompleks makam pahlawan ini sudah tertata rapi, tetapi pemerintah harus mengembangkan lagi daya tariknya sehingga akan menarik minat dari warga sekitar,” tambahnya.
Taman Makam Pahlawan Panglegur hanya akan terlihat banyak pengunjung jika ada acara ataupun hari tertentu, salah satunya seperti Hari Pahlawan ataupun Hari Kemerdekaan.
“Iya mbak, sekarang disini sangat sepi pengunjung. Disini hanya akan banyak pengunjung ketika hari-hari tertentu seperti kemarin aktivis PMII datang kesini untuk mengheningkan cipta di Hari Kemerdaan RI dan saat Dandim 0826 mengadakan upacara disini pada Hari Pahlawan,” ungkap Suparji, penjaga makam. (WS)

Posting Komentar

0 Komentar