Taman Sare, Wisata Air yang Konon Membuat Awet Muda



Keadaan kolam taman sare, Sumenep. (Sumber : Maduraday.com/Syamsu Dhuha)


Maduraday.com, SUMENEP - Ingin tetap terlihat muda merupakan keinginan banyak orang. Melakukan penundaan penuaan pada diri dengan berbagai cara agar tetap terlihat muda. Salah satunya membasuh muka dengan air Taman Sare yang tempatnya berada di kawasan Keraton Sumenep, Sumenep, Jawa Timur yang merupakan keraton satu-satunya di Jawa Timur.
Keraton Sumenep dan sekitarnya termasuk peninggalan dari putra Raja Sumenep yang ke-30 Panembang Sumolo pada tahun 762, termasuk juga Taman Sare yang dulunya merupakan tempat pemandian Putri Kuning atau permaisuri dan putri-putri raja. Beredar mitos warga yang mencuci wajahnya disana diyakini dapat awet muda.
Pada Taman Sare hanya diperbolehkan untuk membasuh muka saja, tidak diperkenankan untuk mandi. Pertama kali memasuki Taman Sare terdapat tiga pintu masuk menuju genangan air. Setiap memasuki suatu pintu memiliki makna tersendiri. Pada pintu pertama konon mempunyai khasiat kecantikan, awet muda dan mudah mendapatkan jodoh. Sementara untuk pintu kedua diyakini bisa mendatangkan karir yang cemerlang dan nama besar. Sedangkan pada pintu ketiga dipercaya bisa meningkatkan keimanan.
“Saya sering datang kesini, namun untuk menikmati sejarah bukan untuk melakukan budaya basuh muka agar awet muda. Tapi ya kebanyakan pengunjung berkunjung ke Taman Sare ini karena pusat perhatiannya, yakni mitos bikin awet muda” ujar Rani salah satu penggunjung Taman Sare, Minggu (11/11/2018).
Kondisi Taman Sare masih terawat dan terdapat nuansa zaman kerajaan dahulu, bahkan beberapa pengunjung memberikan ikan hias untuk dimasukkan dalam taman. “Di taman terdapat ikan bawal dan ikan koi yang merupakan pemberian dari pengunjung. Airnya sendiri dari sumber, jadi sumbernya ada ditengah tamannya” terang Feri Wijayanto salah satu pemandu wisata, Minggu (11/11/2018). (SD)

Posting Komentar

0 Komentar